Penyerahan Kontrak Penelitian & PkM Dan Anugrah Karya Inovasi & PengabdianUniversitas Terbuka Tahun 2024
penulis : Gunawan Wiradharma
16 February, 2024 by
Penyerahan Kontrak Penelitian & PkM Dan Anugrah Karya Inovasi & PengabdianUniversitas Terbuka Tahun 2024
Arsri Agusti, S.Ds.

Kegiatan Penyerahan Kontrak Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan Anugrah Karya Inovasi & Pengabdian Universitas Terbuka (UT) Tahun Anggaran 2024 diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) pada hari Selasa, tanggal 13 Februari 2024 dengan tema “Mewujudkan UT World Class University melalui Penelitian dan Pengabdian Masyarakat”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Terbuka (UT). Rangkaian kegiatan ini terdiri atas (1) penyerahan kontrak penelitian dan PkM tahun anggaran 2024, (2) penayangan dan penyerahan Katalog Karya Inovasi dan Pengabdian UT untuk Negeri Tahun 2023, dan (3) Penghargaan Catha Sancaya Universitas Terbuka.

 

UT mendorong para dosen untuk melakukan penelitian kolaborasi dengan mitra universitas atau lembaga lain, baik dari dalam maupun luar negeri. Saat ini UT melakukan kolaborasi penelitian dengan OU5, ICE Institut, Huawei, dan BRIN. UT juga bergabung dalam Riset Kolaborasi Indonesia yang diinisiasi oleh Forum LPPM dari 21 PTNBH sehingga UT mampu mengimbangi dan juga belajar dari PTNBH lain agar dapat jadi lebih kuat dalam hal riset.

 

Dalam rangka pencapaian target jumlah penelitian dan pelaksanaan PkM, setiap tahun UT memberikan pendanaan internal kepada para dosen dan tenaga kependidikan. Pada tahun 2024, dana yang dikucurkan oleh UT mencapai Rp37.1 M.  Dalam pelaksanaan PkM, dosen UT diharapkan dapat turun ke masyarakat mengamalkan ilmu dan teknologi yang dimilikinya mempercepat laju pertumbuhan, dan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Pada tahun 2024, UT memberikan dana lebih dari 5,5M. Alokasi dana sebesar ini merupakan hal luar biasa yang menunjukkan komitmen UT dalam pelaksanaan darma penelitian dan PkM. Selain itu, pada tahun ini penandatanganan perjanjian penugasan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Tahun 2024 dapat dilakukan dengan menggunakan tanda tangan elektronik (tte) dan e-meterai sebagai penerapan digital learning ecosystem.

 

Universitas Terbuka juga telah merintis PkM Internasional di negara berkembang yang berbatasan dengan UT Daerah. Saat ini sasaran PkM Internasional adalah di Timor Leste, Sabah Malaysia, dan Papua New Guinea. Semoga kegiatan PkM Internasional ini bermanfaat bagi masyarakat masyarakat yang kita bina.

 

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di lingkungan Universitas Terbuka merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Setiap dosen wajib untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan PkM, baik sebagai ketua atau sebagai anggota peneliti. Karya Inovasi dan Pengabdian yang dihasilkan didokumentasikan dengan baik pada Katalog Karya Inovasi dan Pengabdian Universitas Terbuka untuk Negeri. Katalog ini merupakan kumpulan karya yang diinisiasi oleh civitas akademika UT Tahun 2023.

 

UT berkomitmen mengembangkan potensi dosen dan tenaga kependidikan atau tenaga fungsional melalui kegiatan penelitian dan PkM untuk pengembangan ilmu dalam menghasilkan produk yang inovatif dan berdaya guna. Produk yang dinilai sangat inovatif dan berdaya guna kemudian diberikan penghargaan yang dinamakan Catha Sancaya Universitas Terbuka. Catha Sancaya merujuk pada kepedulian dan keterlibatan, partisipasi aktif untuk berbuat sesuatu bagi lingkungan hidup dan masyarakat, keterlibatan dan partisipasi diwujudkan melalui profesi atau hasil pembelajaran dari ilmu yang didapatkan dalam kehidupan. Tahun ini UT memberikan 10 anugerah Catya Sancaya kepada tim peneliti dan PkM.

 

UT terus berkomitmen untuk mengembangkan potensi dosen dan tenaga kependidikan melalui kegiatan penelitian untuk pengembangan ilmu dan penelitian terapan yang inovatif dan berdaya guna.