X
Cart 0

--LPPM-UT--

Buku Profil UT


36 Tahun Universitas Terbuka Kewibawaan Akademik



Buku Profil 36 Tahun UT ini secara umum menyajikan narasi dan dokumentasi perjuangan UT dalam menegakkan kewibawaan akademik melalui  keunggulan UT sebagai Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ). Narasi dan dokumentasi yang disajikan di dalam buku ini mengisahkan sejumlah cerita dan perjuangan UT yang terjadi antara tahun 2018 s.d. 2020. Penyajian materi dibagi menjadi tiga fase ; yaitu fase normal, fase pandemi covid-19 fase adaptasi kebiasaan baru

35 Tahun Universitas Terbuka Potret Tutor UT



Buku "Potret Tutor UT" menceritakan perjalanan dan perjuangan tutor-tutor UT tersebut yang berasal dari 23 UPBJJ-UT, yaitu Kupang, Bandar Lampung, Pontianak, Malang, Bandung, Denpasar, Medan, Jambi, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Sorong, Banjarmasin, Mataram, Makasar, Samarinda, Purwokerto, Batam, Kendari, Jogyakarta, Tarakan, Ambon, Bengkulu dan Surakarta. Kami berharap, buku ini tidak hanya menjadi sumber informasi tentang pentingnya peran tutor bagi penyelenggara PTJJ, juga dapat menginspirasi semangat mahasiswa UT dalam mengatasi masalah belajarnya dan mengurangi rasa "terisolasi" mahasiswa selama belajar mandiri 

34 Tahun Universitas Terbuka : Cyber University Untuk Negeri



Di era serba digital ini dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi diharapkan mampu menjadi kampus yang berbasi teknologi. Universitas Terbuka (UT) sejak awal didirikan sudah menetapkan sebagai perguruan tinggi jarak jauh yang mengimplementasikan penggunaan teknologi terkini ke segala lini dari sistem pembelajaran kurikulum, pelayanan, fasilitas, sarana dan prasarana lainnya. Segala upaya itu ditempuh untuk membentuk cyber university

33 Tahun Universitas Terbuka : UT Membangun Karakter Mandiri Bangsa Untuk Melestarikan Bumi



Buku berjudul “UT Membangun Karakter Mandiri Bangsa untuk Melestarikan Bumi” ini menceritakan beberapa upaya yang dilakukan UT untuk menjalankan program go green di lingkungan Kantor Pusat UT. Buku ini juga mendokumentasikan berbagai kiprah UT dalam melakukan kegiatan penghijauan untuk menjaga kelestarian lingkungan di daerah pegunungan dan pesisir pantai di Indonesia. Semua ini adalah sumbangsih UT bagi kelestarian bumi sehingga nantinya masih bisa dinikmati oleh anak cucu kita di masa depan.

32 Empat Windu Membangun Negeriku32 Tahun Universitas Terbuka



Buku profil ini merupakan kelanjutan dari buku-buku sebelumnya yang merekam kiprah UT dalam mencerdaskan anak bangsa dari Sabang hingga Merauke. Tahun ini kami menuliskan perjalanan panjang UT dalam memberikan layanan akademik kepada mahasiswa, termasuk perkembangan sistem layanan UT. Kami juga mendokumentasikan perkembangan mahasiswa UT sejak awal berdiri tahun 1984. Dinamika jumlah mahasiswa, trend mahasiswa UT dilihat dari komposisi usia, jenis kelamin, dan sebaran geografis. Semua hal tersebut menjadi bagian sejarah UT yang nantinya akan dikenang generasi mendatang.

31 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa



Dalam perkembangannya mahasiswa UT memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan karakteristik mahasiswa perguruan tinggi tatap muka. Mereka tidak terkonsentrasi di suatu tempat melainkan tersebar di seluruh pelosok tanah air, bahkan di luar negeri. Para mahasiswa ini dilayani oleh 39 Kantor UT di daerah, yang disebut Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT). Mereka berada di kota-kota besar, kota dan pulau kecil, di seberang lautan, atau bahkan di balik pegunungan. Kondisi geografis yang berbeda ini mempengaruhi corak kegiatan belajar mandiri yang mereka jalani.

30 Tahun Universitas Terbuka Melayani BangsaUnit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka



Selama 30 tahun perjalanan UT, berbagai kisah mewarnai perjuangan seluruh UPBJJ untuk memberikan kontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, sinergi antara UPBJJ dengan universitas negeri setempat maupun dengan pemerintah daerah, menjadikan eksistensi UT tetap terjaga sejak tahun 1984 hingga 2014. Untuk itulah, dalam rangka Dies Natalis UT ke-30, kami meluncurkan Buku Profil 4 berjudul 30 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa. Buku ini terdiri atas dua jilid. Jilid pertama mengangkat profil UPBJJ se-Indonesia sejak tahun 1984 hingga UPBJJ yang berdiri pada tahun 2014, termasuk juga UPBJJ Dili yang pernah menjadi bagian dari sejarah perjalanan UT di Nusantara. Jilid Kedua menceritakan perjalanan 16 UPBJJ berikut para tokoh yang telah mendedikasikan dirinya bagi kemajuan UPBJJ.

29 Tahun Universitas Terbuka Melayani BangsaBiro Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK) dan Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Monitoring (BAAPM)



Dalam jilid pertama mengangkat dua unit kerja yang sangat berperan dalam kegiatan administrasi dan operasional yaitu Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) dan Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Monitoring (BAAPM). Perjalanan UT tidak dapat dilepaskan dari perkembangan kedua biro ini. Sejak tahun 1984 kiprah UT dapat berjalan lancar berkat dukungan kedua biro ini.