Audit ISO Bidang Manajemen Akademik di LPPM

30 Sep 2016 16:41:37faizal

Upaya penjaminan mutu telah dimulai oleh Universitas Terbuka (UT) sejak tahun 2001. Upaya penjaminan mutu ini diawali dengan pembentukan Tim Sistem Jaminan Kualitas pada tahun 2001, disusul dengan pengembangan kerangka acuan sistem jaminan kualitas yang mengadopsi Quality Framework dari Asian Association of Open Universities (AAOU) pada tahun 2002 sampai terbentuknya Pusat Jaminan Kualitas  (Pusmintas) pada tahun 2003. Disamping melakukan upaya penjaminan mutu secara internal, UT di bawah koordinasi Pusmintas juga mengundang berbagai organisasi eksternal untuk memverifikasi bahwa benar UT sudah menyelenggarakan layanan pendidikan tinggi sesuai dengan standar kualitas yang sudah ditentukan. Dalam hal ini, UT telah mendapatkan akreditasi BAN-PT untuk seluruh pogram studi yang ditawarkan, telah mendapatkan sertifikat kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi dari International Councils for Open and Distance education (ICDE), dan telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 dalam bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh. Pada tahun 2016 ini UT menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015 dan berusaha mendapatkan satu lagi sertifikat ISO tambahan, yaitu dalam bidang Manajemen Akademik.

Sertifikasi ISO bidang Manajemen Akademik dilaksanakan dalam rangka memastikan bahwa pengelolaan semua kegiatan akademik UT dilaksanakan sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan dalam Sistem Penjaminan Kualitas (Simintas) UT dan memenuhi standar ISO 9001:2015. Upaya penjaminan mutu ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi PP No 44 Th. 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), yang mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melakukan penjaminan mutu agar dapat memenuhi atau melampaui SNPT. Kegiatan audit akademik yang dilaksanakan setiap tahun diharapkan dapat menyiapkan program studi dan seluruh unit pendukung akademik di UT untuk akreditasi program studi dan akreditasi institusi yang dilaksanakan empat tahun sekali.

Proses sertifikasi ISO dalam bidang Manajemen Akademik melibatkan seluruh unit akademik di UT, yaitu semua Fakultas, Program Studi, Program Pascasarjana, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), dan unit kerja pendukung kegiatan akademik lain, seperti Pusat Pengembangan Multi Media, Pusat Layanan Pustaka, dll. Kegiatan audit internal di LPPM dilaksanakan pada tanggal 27 September 2016. Pertemuan antara jajaran Pimpinan di LPPM dengan auditor internal di Ruang Sidang LPPM dihadiri juga oleh Kepala Pusmintas UT. Sebagai auditee adalah Ketua LPPM sebagai Manajemen Representative, Kepala Pusat Keilmuan, dan Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat. Lingkup audit akademik pada tahun 2016 ini meliputi pencapaian sasaran kualitas dan pengelolaan kegiatan penelitian serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat.