Presentasi hasil Penelitian Penugasan Tahun 2016

17 Jan 2017 14:51:06admin

Dalam upaya peningkatan kualitas layanan Universitas Terbuka (UT) kepada mahasiswa, masyarakat dan mitra kerja, setiap tahun Universitas Terbuka menyediakan dana penelitian yang termasuk ke dalam kelompok Penelitian Penugasan. Pada tahun 2016 prioritas penelitian penugasan UT meliputi evaluasi program studi; penelitian pengembangan institusi; penelitian terkait dengan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ); dan penelitian kolaborasi antara lima universitas terbuka se ASEAN/5 Open University (OU5). Keseluruhan penelitian penugasan yang didanai UT pada tahun 2016 berjumlah 174 judul penelitian.

Mengingat pentingnya hasil penelitian penugasan untuk menentukan tindak lanjut yang perlu dilakukan UT, semua hasil penelitian penugasan tersebut perlu dipresentasikan ke Pimpinan UT. Presentasi bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peneliti menyampaikan proses dan hasil penelitiannya di hadapan pimpinan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari pimpinan atas proses dan hasil Penelitian Penugasan serta mendapatkan masukan untuk penelitian lanjutan apabila diperlukan. Selain itu pimpinan akan mendapatkan informasi secara langsung mengenai hasil serta rekomendasi hasil penelitian yang dapat menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan.

Presentasi penelitian dilaksanakan selama dua hari penuh bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) UT pada tanggal 10 dan 11 Januari 2017. Presentasi didahului dengan pleno yang dihadiri oleh Rektor, Para Pembantu Rektor, Para Dekan, dan seluruh Pimpinan UT serta para peneliti. Pertemuan didahului dengan laporan kegiatan penelitian 2016 oleh ketua LPPM dan dilanjutkan dengan pengarahan Rektor UT tentang proses dan hasil Penelitian Penugasan. Kegiatan presentasi hasil penelitian penugasan selanjutnya dibagi dalam 5 ruang kelas selama dua hari. Masing-masing kelas rata-rata terdiri dari 20 peneliti dan dipimpin oleh Pimpinan UT mulai dari Rektor, Pembantu Rektor, Dekan, dan Direktur Pasca Sarjana didampingi oleh Moderator dan Notulis. Selanjutnya hasil penelitian dan catatan masukan dari Pimpinan akan dijadikan bahan perbaikan rekomendasi untuk kebijakan yang akan diserahkan oleh LPPM kepada Rektor UT.