Pelatihan PkM bagi Dosen UT

11 Oct 2017 16:52:23harry

Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) LPPM_Universitas Terbuka berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh para dosen Universitas Terbuka. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan melalui pelatihan penulisan dan penelaahan proposal PkM serta penulisan karya ilmiah hasil pelaksanaan PkM. Pada tahun 2017 ini PPM menghadirkan nara sumber Dr. Irkham Widiyono dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Nara sumber mempunyai pengalaman yang sangat banyak dalam kegiatan PkM di UGM dan sampai saat ini masih bertugas sebagai reviewer proposal PkM di Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ristekdikti.    Kegiatan dilaksanakan di Wisma II Universitas Terbuka pada hari Selasa-Rabu tanggal 3-4 Oktober 2017 dan diikuti oleh 85 orang dosen dari 4 fakultas yang ada di Universitas Terbuka.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Adi Suryanto mewakili Ketua LPPM. Dalam sambutannya Adi Suryanto menyampaikan bahwa upaya peningkatan kualitas pelaksanaan kegiatan PkM harus terus dilakukan karena sampai dengan saat ini belum banyak proposal PkM UT yang lolos seleksi di Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ristekdikti. Adi Suryanto berharap pada tahun-tahun mendatang akan semakin banyak proposal PkM dosen UT yang lolos seleksi di DRPM. Agar tujuan tersebut dapat tercapai maka para dosen UT perlu dibekali bagaimana cara menulis proposal PkM yang bermutu. Adi Suryanto yakin Dr. Irkham dapat memberikan trik-trik bagaimana menulis proposal PkM agar dapat lolos seleksi di DRPM karena nara sumber mempunyai pengalaman yang mumpuni sebagai reviewer proposal PkM di DRPM Ristekdikti. Disamping itu Adi Suryanto juga berharap nara sumber dapat menularkan pengalamannya bagaimana cara menulis artikel hasil kegiatan PkM agar dapat diterima di jurnal-jurnal PkM nasional maupun internasional mengingat pada saat ini luaran PkM berupa artikel ilmiah atau tulisan hasil kegiatan PkM di media massa (cetak atau online) merupakan luaran wajib yang harus dihasilkan oleh para pelaksana kegiatan PkM.

Mulai tahun 2017 UT berusaha membentuk tim reviewer proposal PkM yang handal yang diharapkan mampu menelaah proposal PkM yang diajukan dosen-dosen UT dengan baik dan ke depan diharapkan ada dosen-dosen UT yang dapat menjadi reviewer proposal PkM di DRPM Dikti.

Kegiatan di tutup oleh Kepala PPM pada hari Rabu tanggal 4 Oktober 2017. Dalam penutupan Adi Suryanto berharap agar para dosen yang sudah memperoleh pelatihan dapat menulis proposal PkM yang berkualitas untuk menghasilkan luaran PkM yang berkualitas pula.