STUDI BANDING PENGELOLAAN KULIAH KERJA NYATA KE LP2M UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)

20 Dec 2017 13:39:41harry

Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Yang dimaksud dengan sivitas akademika adalah dosen dan mahasiswa (Pasal 1 Ayat 13, Permendiknas nomor 12 tahun 2012). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa harus diselenggarakan secara terarah, terukur, dan terprogram. 

Sampai saat ini Universitas Terbuka (UT) belum melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa sebagaimana dituntut dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT). Pada tahun yang akan datang, UT akan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh mahasiswa yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau kegiatan lain yang relevan.

Untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan kegiatan KKN, LPPM-UT  melakukan Studi Banding tentang pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan KKN di dua perguruan tinggi yang dianggap sudah mempunyai pengalaman dalam mengelola dan melaksanakan KKN. Kedua perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Brawijaya Malang  dan Universitas Negeri Semarang. 

Text Box:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tujuan kegiatan studi banding tersebut adalah untuk memperoleh informasi mengenai pengelolaan dan pelaksanaan KKN dan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.

Pada tanggal 26 Oktober 2017 LPPM-UT yang diwakili oleh Adi Suryanto (Kepala PPM-LPPM UT), Tetty Rachmi, dan Minrohayati melakukan studi banding ke LP2M Universitas Negeri Semarang. Perwakilan UT diterima Kepala LP2M, Kepala Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata, dan Pengelolan Jurnal UNNES. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat LP2M UNNES dalam situasi yang penuh keramahan dan santai.

 

 

Text Box:

 

 

 

 

 

 

 

 

Di akhir pertemuan, Prof. Totok menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan UT dalam rangka pelaksanaan program KKN bagi mahasiswa. Sebagai ungkapan rasa terima kasih UT kepada UNNES dalam kunjungan ini, Adi Suryanto menyerahkan cendera mata untuk UNNES.