Akomodasi Keinginan Dosen Publis Pada Jurnal Bereputasi, LPPM Fasilitasi dengan Batch-2

Akomodasi Keinginan Dosen Publis Pada Jurnal Bereputasi, LPPM Fasilitasi dengan Batch-2

10 Sep 2019 15:14:24arsri

 “Lancarkan keinginan Dosen di lingkungan Universitas Terbuka untuk dapat publis pada jurnal bereputasi seperti scopus. LPPM Universitas Terbuka kembali adakan Batch-2 kegiatan Konsinyering penulisan artikel ilmiah pada jurnal bereputasi”

Dr. Ake Wihadanto, SE, MT saat membuka kegiatan Konsinyering Batch-2

Jakarta, staff.ut.ac.id – Setelah mengalami penundaan dua bulan akhirnya kegiatan yang banyak ditunggu-tunggu  akhirnya dapat dilaksanakan Selasa-Sabtu (30 April – 06 Mei 2019) bertempat disalahsatu hotel diwilayah Lebak Bulus Simatupang Jakarta Selatan dengan jumlah peserta sebanyak 34 Orang  yang berstatus dosen  berasal dari seluruh wilayah kerja  di Lingkungan Universitas Terbuka .

Secara resmi kegiatan konsinyering pendampingan penulisan artikel pada jurnal bereputasi di buka oleh Sekretaris LPPM Dr. Ake Wihadanto selaku Plh Ketua LPPM Universitas Terbuka.  Dalam sambutannya Ake menyampaikan LPPM  Universitas Terbuka (LPPM-UT) telah merancang berbagai kegiatan untuk meningkatkan  Academic Spirit para dosen dan peneliti. Menyinggung mengenai insentif  produk akaemik, Ake menjelaskan bahwa  UT telah menerbitkan Keputusan Rektor no.106, Menurut Ake SK tersebut tidak hanya menjanjikan belaka tapi menjaminnya dengan insentif sesuai klasifikasi untuk semua karya atau produk akademik dosen dan peneliti di lingkungan Universitas Terbuka, “Bapak/Ibu Dosen Jangan khawatir semua produk akademik peneliti dan penulis di lingkungan Universitas Terbuka, Insentifnya dijamin oleh Keputusan Rektor” Sebut Ake pada acara pembukaan.

Dalam kesempatan yang sama, pada saat pembukaan kegiatan di penghujung bulan April ini,  Prof Maximus Groky Sembiring, MSc selaku penanggungjawab kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Universitas Terbuka Jauh tertinggal untuk masalah publikasi keilmuan, namun disisi lain UT mempunyai keunggulan publikasi penilitian Pendidikan Terbuka dan Pendidikan  Tinggi Jarak Jauh yang pertama di Indonesia.  Oleh karena itu pekerjaan rumah UT selain meningkatkan publikasi keilmuan UT Juga akan meningkatkan kualitas Jurnal Jarak Jauh yang menjadi benchmark bagi pendidikan jarak jauh yang sekarang sudah menjamur “Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak  Jauh milik UT,seharusnya sudah banyak dikutip para peneliti dan penulis yang baru menerapkan sistem  pendidikan jarak jauh, ini juga PR kita agar Jurnal tersebut banyak dirujuk”  Imbuh Gorky saat menyampaikan rencana kerja Pusat Penelitian Keilmuan yang di pimpinya.

 

(Dari kiri) Dr. Jasanta Peranginangin; Dr(Cand) Udin; Ari Warokka PhD; Dr Fatia Fatimah; Mochammad Tanzil Multazam, M.Kn; Muhammad Nur Hudha, M.Pd.

Sama dengan batch sebelumnya, batch-2 ini pun kembali membuat terobosan pada submit paper. Berjumlah 34 peserta namun paper yang berhasil disubmit sebanyak 36 Paper, artinya ada 2 paper yang sudah disiapkan oleh peserta untuk mendapatkan masukan dan arahan dari pendamping Kegiatan.  Para ahli yang menjadi pendamping pada kegiatan ini adalah  mereka yang   telah lulus seleksi adminsitrasi oleh LPPM seperti telah publis artikel pada jurnal bereputasi seperti   scopus, mempunyai indeks sebagai penulis  minimal 2 serta menguasai alat (tools) penelitian.   Adapun para ahli tersebut antara lain: Dr. Jasanta Perangingangin, S.E., M.M. (IAIN-Surakarta); Dr   (cand) Udin, S.Pd., M.M. ( Doctoral Student Undip); Ari Warokka, PhD, MSc, MDEM, MCEUE, DEA   (Universitas Negeri Jakarta); Dr. Fatia Fatimah, S.Si., M.Pd (Universitas Terbuka-Padang);   Mochammad Tanzil Multazam, M.Kn (Universitas Muhammdiyah Sidoarjo); Muhammad Nur Hudha,   M.Pd (Universitas Kanjuhuran Malang). 

Acara yang berlangsung 5 (lima) hari ini memang tidak lepas sinergi dari berbagai pihak, selaku ketua pelaksana Dr. Andriyansah saat acara penutupan mengahaturkan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak seperti pendamping yang telah meluangkan waktu untuk mendampingi bahkan lebih dari sekedar mendampingi hingga perserta berhasil untuk submit, serta terimakasih ditujukan kepada pihak pendukung di LPPM. “semoga kegiatan ini akan lebih baik pada batch berikut, dari sisi peserta  mindsetnya sudah mulai beralih tidak hanya fokus submit namun pasca kegiatan yaitu peningkatkan kemandirian menulis terekam dengan baik  yang didapat dari hasil kegiatan ini” ucapnya mengakhiri kegiatan konsinyering pendampingan penulisan artikel pada jurnal bereputasi batch-2 . 

 

Sumber : http://andri.staff.ut.ac.id/2019/05/04/akomodasi-keinginan-dosen-ut-publis-pada-jurnal-bereputasi-lppm-fasilitas-dengan-batch-2/