Bidik Status Reputasi, LPPM-UT Siap Naikan Kualitas Jurnal Berita

Bidik Status Reputasi, LPPM-UT Siap Naikan Kualitas Jurnal Berita

30 Oct 2019 09:29:22arsri

“Kewibawaan Kampus tidak hanya diindikasikan dengan jumlah dan lulus mahasiswa dengan IPK yang tinggi. Reputasi Jurnal ilmiah saat ini sudah menjadi elemen penting sebagai indikator kualitas kampus” - Dr. Andriyansah, S.E, M.M.

Tangerang SelatanStaff.ut.ac.id- Wadah ilmiah untuk peneliti dan dosen adalah Jurnal ilmiah, sehingga keberadaan jurnal begitu pentingnya agar para peniliti bersediakan mempublikasi artikel  pada jurnal yang dikelola. Menyadari pentingnya hal tersebut Universitas Terbuka melalui Pusat Penelitian Keilmuan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PK-LPPM) menggelar akselerasi akreditasi jurnal bertempat di ruang sidang LPPM-UT lantai 2, Selasa (29/10/2019).

 

Pemaparan Materi Pengelolaan Jurnal, Aktivasi DOI dan Percepatan Akreditasi

“Saat ini jurnal di lingkungan Universitas Terbuka yang tercatat di LPPM-UT sebanyak 6 buah jurnal versi digital, target kita bersama jurnal yang ada di UT harus mendapatkan akreditasi dan  bereputasi internasional” sebut Prof. Gorky. 

Lebih lanjut Gorky menyebutkan Kekompokan tim, kekompakan antar pengelola jurnal harus tetap kita jaga seperti saat ini saling memberikan masukan hal positif untuk menggiring kita pada jurnal bereputasi seperti harapan kita bersama, Imbuhnya.

 

Tanya Jawab, Pengelola Jurnal, LPPM dengan Narasumber

Banyak pekerjaan yang harus segera disiapkan untuk menuju kearah sana, mulai dari SDM, Perangkat Lunak, Perangkat keras serta hal-hal teknis lainya.  Untuk membangun reputasi jurnal memang tidak semudah dan tidak secepat kilat. Perlu mengatur irama dan mengatur langkah kaki agar agar harmonisasi dan spirit tetap terkawal. Jurnal perlu kelatenan, sehingga perlu pemberlakuan khusus  jika ingin mengejar target akreditasi dan reputasi tersebut.  “Sebaiknya dikelola secara khsusus” sebut Asep.

Kegiatan akselerasi Jurnal ini  diadakan khusus mempertemukan pengelola Jurnal dilingkungan Universitas Terbuka. Bertujuan menambah wawasan dan meningkatkan voltase semangat status bereputasi, pada kegiatan ini LPPM-UT menghadirkan narasumber yang berpengalaman mengelola jurnal yaitu Asep Erlan Maulana, S.Kom dari Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi,  Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia.

Semakin meningkatnya kualitas jurnal dengan artikel yang ditelaah oleh ahli pada bidangnya, serta indeksasi oleh lembaga ternama dengan sendiri mengundang penulis maupun peneliti untuk mempublikasikan karyanya. Mari publikasikan di karya ilmiah di http://jurnal.ut.ac.id/

Sumber http://andri.staff.ut.ac.id/akselerasi-akreditasi-jurnal/