Buku Non Bahan Ajar
- Dulu Kini dan Esok
- Di Era Informasi
- Cakrawala Pendidikan
- Pembelajaran Online Edisi 2
- Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
- Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
- Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
Universitas Terbuka Dulu, Kini dan Esok
Buku Dulu, Kini dan Esok ini perlu dibaca dan dipelajari oleh mereka yang ingin mengetahui lebih banyak tentang pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia. Buku ini melengkapi buku-buku lain tentang pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh yang pernah diterbitkan oleh UT.

Universitas Terbuka Di Era Informasi
Buku ini ditulis dalam rangka Dies Natalies UT ke 30 dengan maksud untuk menceritakan perkembangan pemanfaatan teknologi dan TIK di UT. Buku ini tidak dimaksudkan untuk menuliskan pemanfaatan teknologi secara teknis, namun lebih kepada pemanfaatannya bagi administrasi maupun sistem pembelajaran yang dilakukan oleh UT. Kami berharap UNIVERSITAS TERBUKA Dl ERA INFORMASI gambaran pemanfaatan teknologi di UT ini dapat menjadi catatan sejarah UT sekaligus menjadi inspirasi dan referensi bagi institusi pendidikan lainnya.

Cakrawala Pendidikan
Buku ini merupakan serangkaian pemikiran yang dituliskan oleh berbagai kalangan di dunia pendidikan yang bercerita tentang kesiapan dan strategi pendidikan tinggi di Indonesia menyongsong berbagai perubahan yang sedang terjadi secara global di segala bidang, termasuk di dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, buku ini juga menyajikan beragam opini maupun hasil kajian terhadap situasi dan teori-teori dalam bidang pembelajaran, pengembangan pendidikan, evaluasi pendidikan. dan pendidikan khusus bidang ilmu.
Buku ini ditulis sebagai ungkapan rasa cinta. Pertama-tama, karya-karya yang terkumpul dalam buku ini mengungkapkan rasa cinta yang mendalam dari masing-masing penulis – sebagai pengamat pendidikan, praktisi pendidikan. atau pemimpin dalam dunia pendidikan – terhadap bidang pendidikan. yang telah dtgeluti, diamati, maupun dijalankan beberapa waktu lamanya. Di samping itu, 23 artikel dalam buku ini ditulis sebagai ungkapan rasa cinta dan kagum yang amat dalam terhadap Dr Setijadi, salah seorang pemimpin pendidikan dan praktisi pendidikan di Indonesia. Ke 23 artikel tersebut ditulis oleh sahabat, rekan dan murid Dr. Setijadi selama beliau berkarya dalam dunia pendidikan di tanah air.

Pembelajaran Online Edisi 2
Dunia berputar dengan putaran yang terasa semakin cepat. Tentu bukan putaran planet bumi yang semakin cepat, tetapi perkembangan yang terjadi dalam kehidupan kita. Perkembangan teknologi yang sekarang disebut-sebut tengah mengalami revolusi industri ke-4 telah berimbas ke segala sendi kehidupan kita. Bahkan jauh sebelum itu, perkembangan teknologi secara pasti telah mengubah berbagai dimensi kehidupan kita, baik dalam dunia bisnis, pendidikan, maupun keseharian kehidupan kita. Selama 30 tahun lebih berkecimpung dalam dunia pendidikan jarak jauh, penulis menyaksikan secara langsung berbagai perubahan yang terjadi yang disebabkan oleh perubahan dan perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari era televisi dan radio yang bersifat satu arah hingga berbagai media komunikasi yang kini berbasis Internet dan bersifat interaktif. Untuk pendidikan jarak jauh yang bertumpu pada penggunaan teknologi dan media dalam pembelajarannya, perkembangan teknologi tentu secara langsung ‘mendikte’ riset dan praktik yang dilakukan di seluruh dunia. Perubahan dan perkembangan begitu cepat sehingga kami, para penyelenggara pendidikan jarak jauh, seperti berlari mengejar angin. Berbagai wacana, eksperimen, dan “trend” datang silih berganti tiada henti. Namun demikian, dalam dua dasawarsa terakhir ada satu benang merah yang semakin kental dalam berbagai perkembangan tersebut, yaitu fenomena pendidikan atau pembelajaran melalui dan dengan bantuan teknologi internet atau pendidikan/pembelajaran online (online learning) dengan segala supra dan subsistemnya. Buku ini bukan buah pemikiran baru atau konsep baru, serta tidak semuanya tulisan baru. Buku ini juga tidak dimaksudkan menjadi buku yang menuliskan semua inovasi terbaru dalam pembelajaran online. Buku ini hanya menyatukan berbagai pemikiran, pengamatan, dan pengalaman penulis dalam perjalanan menggeluti dunia pendidikan jarak jauh, dimana penulis sering diminta untuk menyampaikan baik lisan maupun tulisan tentang beberapa hal yang berkaitan dengan pendidikan jarak jauh dan pembelajaran online.

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Tujuan kemerdekaan bagi sebuah bangsa tidak hanya untuk berdaulat secara politik. Hal ini sangat tegas disampaikan dalam pembukaan UUD 1945. Hal ini ditegaskan dalam pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan bahwa tujuan pembentukan Negara Indonesia utamanya untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Sistem pendidikan suatu pemerintahan harus diciptakan untuk memberikan kesempatan kepada setiap warganegara untuk membangun kehidupannya, menjadikan mereka warganegara yang produktif dan kontributif terhadap upaya kemajuan masyarakat dan bangsa. Dengan kata lain, sistem pendidikan tersebut harus menerapkan konsep pendidikan terbuka agar inklusif dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Konsep pendidikan terbuka bukan sesuatu yang baru bagi Indonesia. Dalam konteks penyiapan sumberdaya manusia Indonesia menjelang satu abad kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2045, kebutuhan akselerasi penerapan konsep pendidikan terbuka secara lebih luas menjadi sangat signifikan. Buku ini menyajikan tulisan tentang konsep, model, dan implementasi sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi terbuka ditinjau dari berbagai perspektif, khususnya pendidikan terbuka sebagai alat untuk membangun sumberdaya insani, untuk menghadirkan keadilan sosial, untuk memberikan pelayanan publik, untuk mendemokratisasikan pendidikan, dan untuk menciptakan keadilan ekonomi; yang pada akhirnya adalah untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.

Perspektif milenial pendidikan jarak jauh
Buku ini berisi kumpulan tulisan dalam bentuk esai terkait sistem pendidikan jarak jauh yang disampaikan dengan bahasa sederhana agar dapat dipahami oleh semua kalangan. Tulisan dalam buku ini menyajikan narasi hasil dari pengamatan, pengalaman, dan gagasan perspektif milenial sehingga menjadi warna tersendiri terhadap gambaran pendidikan jarak jauh.

Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
Kemajuan IPTEK terutama bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengalami kecepatan dan percepatan yang luar biasa, dan memberikan tekanan pada perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan kehidupan bermasyarakat. Seiring perkembangan era teknologi informasi dan komunikasi (TIK), maka perkembangan yang diharapkan terjadi terkait profesionalitas guru dimasa mendatang hendaknya mengarah kepada peningkatan kualitas guru sesuai perkembangan era tersebut. Guru profesional sesungguhnya adalah guru yang di dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya bersifat otonom, menguasai kompetensi secara komprehensif, dan daya intelektual tinggi.

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Tujuan kemerdekaan bagi sebuah bangsa tidak hanya untuk berdaulat secara politik. Hal ini sangat tegas disampaikan dalam pembukaan UUD 1945. Hal ini ditegaskan dalam pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan bahwa tujuan pembentukan Negara Indonesia utamanya untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Sistem pendidikan suatu pemerintahan harus diciptakan untuk memberikan kesempatan kepada setiap warganegara untuk membangun kehidupannya, menjadikan mereka warganegara yang produktif dan kontributif terhadap upaya kemajuan masyarakat dan bangsa. Dengan kata lain, sistem pendidikan tersebut harus menerapkan konsep pendidikan terbuka agar inklusif dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Konsep pendidikan terbuka bukan sesuatu yang baru bagi Indonesia. Dalam konteks penyiapan sumberdaya manusia Indonesia menjelang satu abad kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2045, kebutuhan akselerasi penerapan konsep pendidikan terbuka secara lebih luas menjadi sangat signifikan. Buku ini menyajikan tulisan tentang konsep, model, dan implementasi sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi terbuka ditinjau dari berbagai perspektif, khususnya pendidikan terbuka sebagai alat untuk membangun sumberdaya insani, untuk menghadirkan keadilan sosial, untuk memberikan pelayanan publik, untuk mendemokratisasikan pendidikan, dan untuk menciptakan keadilan ekonomi; yang pada akhirnya adalah untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.
