X
Cart 0

--LPPM-UT--

Penelitian Keilmuan


Tinjauan Profil :

Pusat Penelitian Keilmuan didirikan pada tahun 2018 yang merupakan salah satu Pusat di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Terbuka. 

Pusat Penelitian Keilmuan terlibat dalam penelitian ilmiah terkini pada semua bidang sains, yang mengarah pada penemuan pengetahuan baru dan penciptaan perspektif baru tentang metode dan material. Berdasarkan hasil penemuan tersebut, penelitian selanjutnya diarahkan pada terciptanya suatu prototype yang memiliki nilai komersial tinggi, sehingga produk penelitian dari Pusat Penelitian Keilmuan merupakan suatu inovasi yang termasuk dalam Prioritas Riset Nasional 2020-2024. Oleh karena itu, topik penelitian dari Pusat Penelitian Keilmuan diselaraskan dengan apa yang menjadi tantangan dan kebutuhan Indonesia saat ini dan menonjolkan potensi sumber daya yang dimiliki Indonesia, sesuai dengan paparan Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Pusat Penelitian Keilmuan memiliki anggota peneliti yang berasal dari beberapa fakultas di UT, dengan mayoritas berasal dari semua dosen yang ada di UT. Adapun strata pendidikan peneliti meliputi Magister dan Doktor dengan jabatan fungsional mulai Asisten Ahli sampai Profesor dengan bidang keilmuan yang terkait sesuai dengan topik penelitian.


Program Penelitian Keilmuan 


Penelitian Keilmuan

 

Penulisan Buku

 

Peluncuran Buku

 

Seminar Nasional

 

Konferensi Internasional

Pengelolaan Jurnal

 

Pengolalaan HKI/Paten

 

Penulisan Artikel

 

Klinik Proposal

 

Televariable

Festivity

 

Rakor

 

Tour

 

Sosialisasi

 

Penyegaran Penelitian