Program Pendidikan Berkelanjutan Akuntansi Keuangan Daerah (PPB AKD)

20 Jan 2015 09:45:36admin
Program Pendidikan Berkelanjutan Akuntansi Keuangan Daerah (PPB AKD)  diperuntukkan bagi akuntan public  dalam meningkatkan keterampilan di bidangnya. khususnya Pemerintahan Kabupaten dan Kecamatan. sasaran dari program ini adalah meningkatkan kemampuan SDM staf pemerintahan kabupaten dan kecamatan dalam Akuntansi Keuangan Daerah.

Syarat dan ketentuan :

  • Lulus sekolah menengah atas atau sederajat atau Paket C.
  • Program dapat diselenggarakan bila ada peserta dalam kelompok (15-20 orang)
  • PPB AKD dapat dialihkreditkan pada Program Studi   Akuntansi UT

Program ini bertujuan agar peserta mampu mengelola keuangan daerah:

  • Menyusun perencanaan keuangan daerah
  • Mengelola keuangan daerah
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah
  • Menerapkan sistem pengendalian internal keuangan daerah.

Peserta wajib mengikuti tutorial tatap muka (TTM) yang dilengkapi dengan praktik administrasi dan praktik keuangan yang dituangkan dalam suplemen bahan ajar. TTM diadakan sebanyak 8 kali pertemuan sedangkan program tutorial online (Tuton) akan dilaksanakan secara  terjadwal.
Bahan ajar program  terdiri dari 4 paket bahan ajar, masing-masing terdiri dari 3 suplemen yang dilengkapi dengan praktik.
Penilaian akan dilakukan dengan penilaian performa dan kinerja peserta program, atas dasar prestasi peserta dari penilaian hasilyaitu tutorial dan praktik serta dari keikutsertaaan dalam tutorial  online (Tuton).
Biaya PPB AKD satu paket sebesar Rp. 2.000.000. Biaya tersebut sudah termasuk bahan ajar, tutorial, tuton,  evaluasi hasil belajar, serta sertifikat dan pelaksanaan program di kota UPBJJ-UT.

Kategori: Program Pendidikan Berkelanjutan (PBB)