UT LUNCURKAN”UNIVERSITAS TERBUKA’S BIPA SCHOLARSHIP PROGRAM”
Penulis: Jaka Warsihna, Editor: Yusrafidin
26 April, 2024 by
UT LUNCURKAN”UNIVERSITAS TERBUKA’S BIPA SCHOLARSHIP PROGRAM”
Arsri Agusti, S.Ds.

Universitas Terbuka (UT) terus berkomitmen meningkatkan kualitas sistem pembelajaran jarak jauh kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan visi UT ”Menjadi perguruan Tinggi Jarak Jauh Berkualitas Dunia”. Dalam rangka menyelenggarakan pendidikan berkualitas dunia yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, maka UT melalui Pusat Pengabdian kepada Masyarakat-LPPM bekerjasama dengan FKIP mengembangkan program Sertifikat Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).

Salah satu model perekrutan peserta BIPA adalah melalui beasiswa atau program Univeritas Terbuka’s BIPA Scholarship Program, dan pada pada tahun 2024 ini khusus ditawarkan kepada anggota AAOU (Asian Association of Open Universities). Setelah dilakukan seleksi sejumlah peserta yang daftar,  ada 29 peserta dinyatakan lulus yang terdiri dari 10 mahasiswa dari Hanoi Open University Vietnam, 9 mahasiswa dari Sukhotthai Thamattirat Open University Thailand, dan 10 mahasiswa dari  The Open University China (China), selanjutnya akan menyusul 10 mahasiswa dari Alabama Open University Pakistan. Jadi total peserta sebanyak 39 orang.  Dalam program tersebut, mahasiswa dari perguruan tinggi luar negeri dapat mengikuti BIPA 1, dan setelah lulus dapat melanjutkan ke BIPA 2 dan BIPA 3 atau dapat mengikuti salah satunya sesuai kebutuhan peserta. Proses pembelajaran melalui link https://bipa.ut.ac.id. Di dalam LMS tersebut peserta mempelajari empat kemampuan berbahasa yaitu menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Selama pembelajaran, peserta dari luar negeri didampingi oleh mahasiswa UT dan dibimbing oleh Tutor, Dosen UT. Peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat dari UT. Untuk mahasiswa UT sebagai pendamping akan mendapatkan sertifikat yang dapat diakui sebagai program MBKM.

Pada tahun 2024, peluncuran Univeritas Terbuka’s BIPA Scholarship Program yang diinisiasi oleh Kantor Warek IV dilaksanakan pada tanggal 19 April 2024 secara daring. Acara dibuka oleh Dekan FKIP yang diwakili oleh Wakil Dekan 2 FKIP, pengarahan pelaksanaan program oleh Ketua LPPM yang diwakili oleh Kepala Pusat PRI. Secara hidmat acara ini diikuti oleh semua peserta, tutor, mahasiswa UT sebagai pendamping dari UT-Denpasar, UT-Padang,  UT-Medan, staf ahli warek 1, staf ahli warek 4, Kepala Pusat PkM-LPPM, Kepala Subdirektorat Kerjasama Internasional, dosen, IT dan staf LPPM. Secara teknis pelaksanaan pembelajaran BIPA didemonstrasikan oleh Ibu Tetty Rachmi, penanggungjawab pengelolaan program BIPA. 

Gambar 1.
Pembukaan Program Beasiswa BIPA Universitas Terbuka secara online


BIPA UT memiliki tiga level, yaitu BIPA 1: tingkat dasar, BIPA 2: tingkat menengah, dan BIPA 3: tingkat mahir.  Selain sebagai program beasiswa, BIPA juga ditawarkan kepada publik/umum yang dapat diakses melalui link https://bipa.ut.ac.id. Sampai saat ini sudah beberapa peserta yang menjadi peserta BIPA UT dan sudah ada yang dinyatakan lulus serta mendapatkan sertifikat. (jk dan yr).