Penyelenggaraan Pengabdian kepada Masyarakat Di Desa Tonjong - Kecamatan Tajurhalang - Kabupaten Bogor sebagai Desa Binaan Universitas Terbuka Tahun 2023
Penulis: Dra. Andi Sylvana, M.Si. dan Dr. Trini Prastati, M.Pd.
11 May, 2023 by
Penyelenggaraan Pengabdian kepada Masyarakat Di Desa Tonjong - Kecamatan Tajurhalang - Kabupaten Bogor sebagai Desa Binaan Universitas Terbuka Tahun 2023
Arsri Agusti, S.Ds.

Sebagai wujud dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Nasional Tahun 2023, dengan Tema: “Memberdayakan Desa, Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Dibawah koordinasi Pusat Pengabdian kepada Masyarakat pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan empat Fakultas di UT, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Sain dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Pemerintahan (FHISIP), Program PkM di Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, telah secara resmi dibuka oleh Ketua LPPM UT Prof. Dewi Artati Padmo Putri, Ph.D.

 


Bertempat di Aula Balai Desa Tonjong, pada hari Senin, 8 Mei 2023 upacara pembukaan penyelenggaraan Program Pengabdian kepada Masyarakat, dilaksanakan. Pada kesempatan ini hadir Kepala Desa Tonjong Nurhakim didampingi Ketua Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Desa Tonjong Asman Suparman, S.Pd. beserta Aparat Pemerintahan Desa Tonjong. Dari Universitas Terbuka hadir para Pimpinan yang terdiri atas Dekan FST Dr. Subekti Nurmawati, M.Si., Dekan FHISIP M. Husni Arifin, S.Ag., M.A., Ph.D., Kepala Pusat PkM Dr. Trini Prastati, M.Pd., yang mengelola seluruh program PkM UT, dan Para Ketua Tim dan Anggota Pelaksana PkM UT.

Ketua LPPM UT dalam arahan dan sambutan pembukaan, mengharapkan Desa Tonjong yang oleh Pemerintah sudah dikategorikan sebagai Desa Mandiri, akan lebih mandiri dan meningkat dalam hal tata Kelola kantor dan pemerintahan Desa, pembinaan SDM, juga kesejahteraan masyarakatnya melalui BUMDES. Lebih lanjut, harapannya program PkM dapat memberikan manfaat yang besar tidak hanya bagi UT saja tetapi juga khususnya bagi masyarakat di Desa Tonjong. Dan semoga pelaksanaan PkM di Desa Tonjong dapat berjalan dengan lancar dan antara dosen dan aparatur desa dapat saling bersinergi untuk mensukseskan program-program PkM nantinya.


Arahan ini disambut baik oleh Kepala Desa Tonjong dan juga Ketua BPD yang juga adalah alumni PGSD UT, yang juga berharap dengan adanya program PkM di Desa Tonjong maka SDM akan memiliki kompetensi di beberapa bidang untuk meningkatkan kinerja desa, kantor dan lingkungan desa menjadi lebih baik, serta BUMDES menjadi maju. Dalam menutup sambutannya dikemukakan, agar silaturahmi serta kerjasama yang terjalin dengan UT ini dapat terus berlanjut di waktu mendatang serta siap untuk memfasiltiasi teman-teman dari tim PkM UT untuk dapat melaksanakan program kerja nantinya.